Posted by: rezutopia | May 24, 2009

SIMULASI SISTEM PEMBELIAN BBM MENGGUNAKAN AT89S51 DENGAN DELPHI 7 – MYSQL

Judul TA ku yang paling kubanggakan sepanjang pendidikanku di POLTEK TEDC Bandung.  akhirnya selesai TA ku… selesai Sidang TA ku malah udah Wisuda…. hhmmmppphhhh Syukur ku kehadirat Mu Ya Rabb karena cintaMulah aku dapat merasakan nikmat ini……. Terimakasih Ya Allah…..

Ide TA ini adalah menciptakan sistem pembelian BBM terotomatisasi yang memungkinkan konsumen melakukan konsumsi BBM-nya sendiri mulai dari mati’in sepeda, buka jok (ya iyelaaaahhh o’on), mengisi nominal pembelian, mengangkat gagang pipa pengisian (itu tu tempat BBM nya ngocor…. Apa tuh namanya ??? ), sampek membayar pun dilakukan sendiri tanpa bantuan petugas dengan memanfaatkan rekening konsumen. Jadi istilahnya nggak perlu disuapin buat kepentingan kita sendiri, toh kita bisa ngisi sendiri.

Dari ide kayak gitu muncul pertanyaan -iyalah kalo cuman buat sistem informasinya (meskipun nggak mahir, tapi Alhamdulillah bisa ‘dikit’) tapi nggak bakalan asik kalo cuman aplikasinya tok- gimana ngubungin Aplikasi yang udah di buat dengan mesin di SPBU itu atau alat yang seenggaknya bisa menggantikan peran mesin SPBU tersebut. Tringgggggg …… jawaban muncul……. Pake mikrokontroler dooonnnnkkk irezzzzzz.

Ketika aku nekat mengambil judul TA ini kapasitas Percaya Diriku sama pengetahuan aku tentang  disiplin ilmu yang mungkin harus aku kuasai buat ngerjain TA ini berbanding terbalik. Percaya diriku rebutan buat naik tembus ke ubun – ubun kepalaku sedang pengetahuan ku sebaliknya diam di tempat, masih pasang surut. Jelas tentang Elektronika aku buta, rangkaian – rangkaian yang aku kenal baik cuman resistor. Itupun cuman sampe tingkat menghitung cincin warna resistor, nggak lebih. Menyedihkan kan??? Telat suka sama Mikrokontroler memaksa aku harus mengingat banyyaaaaaakkkk hal yang terlewat di tahun pertama ( jelas merana dengan pengidap penyakit pikun akut ku), selama ini aku belum pernah praktek langsung mendownload program yang aku buat ke mikro, mencoba program yang aku buat beneran jalan apa nggak. Belum pernah sama sekali, yang aku lakukan selama ini cuman menuliskan script assembler di white board dengan ilustrasi rangkaian yang dibuat dosen. Lucu……. Hihihihihihiiiiiiiiii (-.-) jadi selama kuliah aku jadi programmer bayangan hahahahahhaaaaa

Dalam judul TA ku ini sebenernya gak rumit asal ngerti aja. Heheheeeeee. Kalo gak ngerti jelas ruwet. Asal ngerti konsep dasarnya, dan pengetahuan yang dibutuhkan udah deh. Tinggal ngerangkai jadi satu semua pengetahuan dan konsep itu.

Spesifikasi Alat di TA ini :

  • Downloader+ sistem minimum dengan Xtal 11,059 Mhz, active low, 4 digit 7 segment & satu port komunikasi  serial.
  • 4 X 4 keypad matrix
  • Satu Switch yang terhubung dengan keluaran Port 3.2
  • 2 LED simulasi yang ,dalam TA ini terhubung dengan Port 3.5 dan Port 3.6 (pada bagian ini bisa diganti dengan alat apapun yang dapat mengilustrasikan keluar nya bensin, portnya juga terserah)

Untuk menyelesaikannya (sesuai pengalaman) TA ini membutuhkan :

  • Pengetahuan tentang Konsep dasar komunikasi serial dan hubungannya ke mikro dan ke komputer ( bisa diganti dengan sistem komunikasi yang lain kayak pake kabel pararel asal paham )
  •  Cukup pengetahuan tentang organisasi memory AT89S51, SFR ( Special Function Register ), sistem interupsi dan timer pada mikro yang bersangkutan.
  • Punya komponen COMPort by Dejan Crnila
  •  Bisa bahasa Assembler, Delphi, dan paham dikit query di MySQL
  • Dan yang jelas ngerti hardware yang sedang digunakan. Gak perlu hatam masalah rangkaian, komponen dll. Cuman ngerti cara kerjanya untuk awal dah cukup .

untuk the next post bakalan ku posting konsep – konsep Sistem Pembelian BBM ini …..


Responses

  1. wah…….. bagus nich, boleh ngak aku minta gambar yang di delphi.terus kayak gmn sich sistem kerjanya????komponen apa sajayang d btuhkan

  2. eh lupa kalo bleh kirim doank k alamt tikkumut@yahoo.com

  3. cara bikinnya kaya apa?kirimin k emailku dong!cs,aku jg bingung TA ne!
    syukron sbelumnya

  4. mas….
    mau nax dari 7 segment make apa untuk hbgin kekmpter…

    trus alatx kra2 beli dmana…???

    sya pengen konsul nieh ma mas…hbganx dgn TAq..tlg dblas yah mas…
    emailq : iwien.88@gmail.com

  5. klu aq dulu ernah pakai IC AT 89C51 tuk tugas akhir aq .apmenurut mbak tu sama am at89s51

    • heheheheheeee jelas beda .. serinya aja beda,kalo sama gak mungkin bikin seri baru.
      ada beberapa perbedaan tapi gak signifikan banget. AT89S51 tu kan perkembangan dari AT89C51 jadi AT89S51 punya fitur2 dasar milik AT89C51 tapi dia juga punya beberap fitur kembangan kayak Watchdog timer, power off flag, pemrograman ISP dll ….. coba liat datasheetnya untuk lebih jelasnya …….😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: