Posted by: rezutopia | December 5, 2009

KAJIAN ISLAM : SUKSES MENGHADAPI UJIAN DENGAN METODE AL-QUR’AN

Pembicara : Ustadzah Ari Kurnianingsih

dalam Al-Qur’an ujian di artikan sebagai FITNAH.

Ali Imran 186
“kamu pasti akan di uji dengan hartamu dan dirimu. Dan pasti kamu aan mendengar banyak hal yang sangat menyakitkan hati dari orang – orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari otang – orang musyrik. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang (patut) diutamakan”

Pelajaran PERTAMA dari ayat di atas adalah :
ujian itu pasti akan terjadi apakah kita termasuk orang – orang yang menyadari dan mempersiapkan diri ataukah kita orang yang lalai ?

ada tiga tipe orang dalam menghadapi ujian :
Orang yang lalai
Orang yang lalai adalah orang yang sepenuhnya lupa bahwa ujian dari ALLAH itu pasti ada sehingga mereka tidak membawa perbekalan dan persiapan untuk menghadapi ujian yang telah menanti mereka. Kalaupun mereka sadar, namun mereka sama sekali tidak berusaha untuk mempersiapkan diri mereka, mempersiapkan ilmu dan mental mereka. sehingga ketika ujian itu datang dia hanya dapat bersedih dan menyalahkan.

– orang yang sadar dan mempersiapkan diri
orang yang sadar dengan ujian dan mempersiapkan diri untuk ujian tersebut akan selalu siap dengan ujian – ujian yang diberikan padanya. dia akan lebih kuat, bersabar dan selalu berusaha untuk melewati ujian – ujian yang diberikan ALLAH padanya.

lalu termasuk orang seperti apa kita ???
apakah kita orang yang sadar bahwa ujian akan selalu menyertai di belakang kita dan mempersiapkan diri kita ataukah kita termasuk orang yang lalai dengan ujian itu. menganggap hidup akan berjalan tanpa ujian, bahwa ujian itu tidak akan seberat dan sesakit biasanya?
untuk orang yang lalai, maka bersiaplah …

pelajaran KEDUA :
– Ujian itu pasti akan menyakitkan hati dan memberi banyak gangguan. Apakah kita termasuk orang – orang yang sabar, Ikhlas dan tetap jujur ?

Tidak akan ada sebuah ujian yang mudah dan menyenangkan hati. Kebalikannya, Ujian pastilah sulit, membutuhkan setiap stok kesabaran yang kita punya, menuntut kita untuk ikhlas dan tetap menjaga kejujuran kita.

kesabaran bukan berarti kita pasrah, tidak melakukan apapun hanya menunggu ujian berlalu apapun akibatnya kita hanya menunggu. Sabar adalah tetap melakukan segala suatunya sesuai dengan perintah dan larangan ALLAH.

Dengan Sabar, Ikhlas dan tetap jujur, kita akan lebih mudah dalam menjalani setiap ujian yang diberikan pada kita. Jangan lah ujian itu malah membuat kita gelap mata dan menjadi pembohong agar kita selamat. Kesalahan besar adalah apabila kita sedang di rundung masalah sehingga kita terkadang menghalalkan segala cara untuk mengembalikan segala sesuatu yang telah hilang dari kita. sesungguhnya dengan kejujuran, sabar, dan usaha lah, ALLAH akan melihat kita lebih dari yang lainnya sehingga Dia akan memberi pertolongannya pada kita.
Tidak pernah sedetikpun ALLAH meninggalkan kita, tidak juga satu detikpun kita luput dari pengawasannya. dan bagiNya letak kualitas seorang hamba tidak dilihat dari seberapa pandai dia, seberapa kaya dia, seberapa tinggi kemuliaan dia di mata manusia yang lain. Tapi ALLAH akan melihat hamba dari seberapa sabar dia, seberapa besar Usahanya untuk tetap berjuang di jalan ALLAH.

Muhammad : 31
“Dan sungguh, Kami akan benar – benar menguji kamu sehingga Kami mengetahui orang – orang yang benar – benar berjihad dan bersabar di antara kamu; dan akan Kami uji perihal kamu.”

Pelajaran Ketiga
-Apakah kita benar – benar telah bersungguh – sungguh dan fokus untuk berhasil dalam ujian ?

Fokus untuk berhasil dalam menjalankan ujian yang di berikan ALLAH bukan berarti kita tidak memperdulikan hal lain di sekitar kita. tidak perduli dengan masalah – masalah lain. segala kewajiban dan keperluan kita harus tetap dilaksanakan seperti biasanya, dengan tetap fokus pada ujian yang dihadapi.

Al-Baqarah 155-157 :
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun”
Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Pelajaran Keempat :
Ujian mengharuskan kita memiliki manajemen masalah dan manajemen waktu yang baik. Sudahkah kita kelola waktu kita dengan baik???

Pelajaran Kelima :
Ujian akan terus datang sampai kita ada pada tempat tertinggi, sudahkah kita ikhlas dan tawakal?

ALLAH lah Dzat yang paling tahu apa yang terbaik untuk hambaNya. Tidak selamanya kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena kita sama sekali tidak tahu apa yang akan membuat kita bahagia. Kita sama sekali tidak mengetahui masa depan. ALLAH lah yang tahu segalanya, Dia tahu apa yang terbaik untuk kita.

Bisakah kita ikhlas untuk menerima ketentuan ALLAH. Terus memperbaiki diri untuk bersiap dalam menghadapi masalah yang menanti dan tetap tawakal kepada ALLAH ketika masalah datang bertubi – tubi. Hanya dengan Ikhlas dan tetap tawakal kepada ALLAH kita akan meraih kebahagiaan yang ALLAH telah janjikan kepada hambanya yang beriman. Dengan tetap menjaga kejujuran, Keikhlasan, Kesabaran kita bisa melewati Ujian dari ALLAH yang akan membuat kita semakin di cintai oleh Nya.

Ujian VS Peringatan
Terkadang dalam sebuah pilihan, kita sering salah mengartikan antara Ujian dengan Peringatan.
Satu hal yang pasti dalam membedakan dua hal itu adalah apa yang kita lakukan.
Bila dari awal apa yang kita lakukan adalah sesuai dengan apa yang ALLAH perintahkan dan larang. maka masalah yang kita alami pada saat itu adalah sebuah Ujian.

namun, bila dari awal kita tidak melakukan apa yang ALLAH perintahkan. Memilih dengan tidak di dasarkan pada Iman kita, maka apa yang kita alami adalah sebuah Peringatan untuk kita sadar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: